Variation – Manual Brewing Kopi, Cara Unik Menyeduh Kopi

variation manual brewing kopi

Kopi adalah minuman yang paling diminati dikonsumsi. Karena rasanya yang sangat nikmat bagi sebagian orang. Kopi tentu saja mempunyai beragam cara penyajian serta penyeduhan. Misalnya long black, latte, cappuccino, espresso, dan saat ini yang sedang berkembang adalah variation – manual brewing kopi. Nah, apakah itu manual brewing? Apakah berbeda dengan kopi lain? Berikut informasinya :

Sejarah Penyeduhan Kopi
Sebelum mengetahui apakah itu manual brewing, kita lihat dulu bagaimana sejarah singkat dari penyeduhan kopi. Cara tertua yang ada dalam mengolah kopi ditemukan oleh bangsa Turki. Caranya yaitu kopi disangrai dan digiling hingga halus lalu direbus dengan air di dalam panci kecil yang dinamakan Ibrik hingga mendidih. Dengan cara ini, bisa didapatkan kopi yang hitam pekat dan sisa ampas kopi sangat banyak.

Teknik merebus kopi ini dibawah oleh pedagan Gujarat India ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.Tetapi  bukan merebus kopi hingga mendidih, orang Indonesia hanya menyiramkan air panas pada gelas yang berisi kopi. Cara ini juga masih ada hingga kini dan lebih sering dikenal dengan istilah kopi tubruk. 

Mengenal Manual Brewing
Pada tahun 1908, seorang inventor wanita dari Jerman menciptakan alat pour-over kopi pertama, karena ia sudah bosan meminum kopi yang berampas. Alat ini terbuat dari tembaga dan menggunakan kertas buku tulis untuk filter. Tentunya alat ini terus berkembang dan membuat orang terinspirasi untuk memunculkan alat seduh kopi lain.

Teknologi yang semakin maju ternyata membuat orang semakin malas menyeduh kopi. Ada alat bernama drip coffee maker elektrik yang bisa menggantikan fungsi tangan manusia untuk menuangkan air ke atas bubuk kopi. Alasan adanya alat ini karena lebih cepat dan juga praktis.
Tetapi, orang mulai bosa lagi dengan kopi yang dihasilkan oleh mesin karena rasanya yang monoton. Munculah kembali tangan dan teko yang menggantikan pompa air sebelumnya. Ternyata gerak tangan manusia yang tidak konsisten bisa memberikan rasa yang tidak bisa dihasilkan oleh mesin. Sejak itulah istilah manual brew muncul yaitu untuk membedakan seduhan mesin dan seduhan tangan manusia. 

Mesin espresso juga mengalami perkembangan di saat yang bersamaan. Tetapi karena harganya yang cuku mahal dan pengoperasiannya yang cukup rumit membuatnya hanya digunakan di kedai kopi besar. Sedangkan untuk electric coffee maker populer di kantor, hotel, dan restoran untuk menyesuaikan kebutuhan kecepatan konsumen. Alat seduh manual biasa hadir di rumah untuk membuat kopi memiliki sentuhan yang lebih private.

Berbagai alat seduh juga mulai bermunculan, mulai dari syphon, chemex, kalita wave, french press, hingga aeropress. Dengan adanya karakter unik dari penggunaan dan rasa yang akan didapatkan dari masing – masing alat seduh kopi tersebut.
Variation – Manual Brewing Kopi, Cara Unik Menyeduh Kopi Variation – Manual Brewing Kopi, Cara Unik Menyeduh Kopi Reviewed by Erna Queen on Desember 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar