Kenali Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Penyebab Diare
Ilustrasi

Diare atau mencret adalah penyakit dimana kebanyakan orang pernah mengalaminya. Penyakit ini membuat buang air besar menjadi lebih encer dan dengan frekuensi yang lebih sering daripada biasanya. Tetapi, mungkin sebagian orang belum mengerti apa saja penyebab diare ini. Padahal hal ini sangat penting untuk diketahui, agar kita bisa mengobatinya dengan cepat dan bisa menjadi pencegahan agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Penyakit ini jika menjangkiti orang dewasa, biasanya terjadi ringan dan tidak menimbulkan pengaruh yang begitu berbahaya. Ini akan lebih berbahaya jika terjadi pada anak – anak. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah dehidrasi, syok, hingga berujung pada kematian. Maka dari itu, upaya untuk mengobati diare yang efektif juga sangat diperlukan untuk diketahui. Berikut informasi mengenai apa saja penyebab dari penyakit diare dan cara pengobatannya :

Penyebab penyakit diare
Agar lebih mudah mempelajari apa saja penyebab diare, terlebih dahulu kita ketahui jenis – jenis dari diare. Penyakit diare ini dibagi menjadi dua yaitu diare akut dan kronis. Diare akut ini gejalanya tidak lebih dari dua minggu. Penyebabnya yaitu :

Penyebab diare akut
Infeksi virus
Virus yang paling sering menyebabkan diare pada orang dewasa yaitu norovirus. Sedangkan virus diare pada anak yaitu rotavirus.

Infeksi bakteri
Selai virus, ada pula bakteri penyebab penyakit diare yaitu enterotoksigenik Escherichia coli (ETEC). Ini adalah jenis bakteri yang paling sering menjadi penyebab penyakit diare.

Infeksi parasit
Penyebab diare akut yang terakhir adalah adanya infeksi parasit. Parasit ini bisa masuk ke saluran cerna ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak bersih atau terkontaminasi.

Penyebab diare kronis
Selanjutnya yaitu diare kronis yang berlangsung lebih dari empat minggu. Penyebab penyakit ini diantaranya infeksi, paling sering diakibatkan oleh parasit Malabsopsi dan diare osmotik, yang membuat terlalu banyak air menjadi terserap ke usus. Selanjutnya aliran darah berkurang ke usus. Lalu seseorang menjalani terapi kanker tertentu dan terkena radiasi. Penyebab terakhir yaitu penggunaan obat – obatan tertentu.

Cara Mengatasi Penyakit Diare
Setelah kita mengetahui apa saja penyebab dari penyakit diare, saatnya mengetahui bagaimana cara mengobatinya 

Biasanya kasus penyakit diare ini akan sembuh dengan otomatis dalam beberapa hari. Hal yang perlu dilakukan adalah mencegah dehidrasi dengan cara menggantikan cairan yang hilang. Selain itu juga ada banyak obat diare di apotek ataupun toko obat yang bisa membantu pengobatan diare. Obat diare yang dimaksud adalah loperamide hidroklorida atau lebih dikenal dengan nama Imodium. Lalu ada subsalisilat dan atapulgit.

Seperti yang sudah disebutkan, saat terkena penyakit diare haruslah mengganti cairan yang hilang dengan mengonsumsi banyak cairan yaitu dengan meminum 2-3 liter air setiap hari sehingga diare bisa benar – benar pulih.
Kenali Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya Kenali Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya Reviewed by Erna Queen on Desember 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar