Inilah 6 Kesalahan Terbesar yang Anda Lakukan pada AC Anda

Servis AC Makasar Sejasa

Untuk Anda yang aktif menggunakan AC di rumah, unit AC di rumah Anda tentu sering digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dari sekian lamanya perangkat AC dinyalakan, dan sedikitnya waktu luang Anda untuk melakukan perawatan atau sekadar pembersihan debu-debu, bisa jadi AC Anda kini berada dalam keadaan yang memprihatinkan. Padahal, kebersihan AC sangat berpengaruh pada kesehatan penggunanya. 

Bayangkan jika sistem AC Anda tidak dirawat dengan baik dan dalam kondisi kotor, tentu filter AC telah terkontaminasi mikroorganisme-mikroorganisme jahat, dan  mikroorganisme ini mungkin saja sangat berbahaya jika terhirup, terlebih untuk penderita asma dan alergi.

Selain masalah kebersihan unit AC, ternyata ada beberapa hal lain yang tanpa sadar dapat berpengaruh buruk pada kinerja AC Anda. Mungkin Anda adalah pengguna aktif AC dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Anda menganggap biasa beberapa hal kecil yang ternyata dipandang sebagai kesalahan dalam menggunakan peralatan AC. Berikut adalah 6 kesalahan paling umum yang sering dilakukan orang-orang ketika menggunakan AC. 

1. Tidak mengganti atau membersihkan fiter AC
Setidaknya, Anda disarankan untuk mengganti filter utama unit AC sekali dalam tiga bulan, jika AC Anda tidak selalu dinyalakan setiap hari, dan satu bulan sekali jika AC selalu dinyalakan sepanjang hari. Jika Anda mengabaikan aspek kebersihan filter AC, filter AC yang rusak dapat menyebabkan buruknya aliran udara. 

Sebuah studi memaparkan bahwa filter yang kotor akan meninggikan biaya listrik sebanyak 5% sampai 15%, dan juga dapat mempersingkat masa guna pemakaian unit AC secara keseluruhan. Beruntungnya, pembersihan filter AC tidak sulit dilakukan, dan penggantian filter juga tidak begitu mahal. Mungkin hanya sekitar 100-100 ribu rupiah.

2. Tidak melakukan servis rutin tahunan
Selain perawatan filter AC yang harus Anda lakukan setidaknya tiga bulan atau satu bulan sekali, perawatan AC lainnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan menyeluruh setiap satu tahun sekali. Anda mungkin dapat melihat tutorial pembersihan unit AC tahunan di Youtube untuk dapat membersihkan sendiri. Namun alangkah lebih baik jika Anda mempercayakan urusan perawatan tahunan ini kepada orang yang telah profesional di bidang ini sehingga resiko adanya kesalahan dalam prosesnya akan dapat ditekan sekecil mungkin. 

3. Tidak merawat kipas dengan baik
Hanya karena Anda menggunakan AC untuk menyejukkan ruangan Anda, bukan berarti Anda bisa begitu saja menyingkirkan kipas lama Anda. Banyak orang yang sudah menggudangkan kipas angin lama mereka ketika mereka akhirnya membeli unit AC. 

Mengapa hal ini merupakan sebuah kesalahan? 
Ternyata, tak banyak yang tahu bahwa kipas angin, utamanya kipas angin plafon dapat berguna untuk menjaga sirkulasi udara dingin di rumah Anda. Hal ini dinilai dapat meringankan kerja komponen AC untuk menjada udara dalam ruangan tetap dingin. Cukup pastikan kipas angin Anda berputar searah jarum jam.

4. Menempatkan termostat dengan tidak sesuai
Termostat, atau termistor, adalah sebuah komponen AC split yang bertugas mengatur suhu ruangan secara otomatis. Cara kerjanya adalah jika suatu ruangan sudah mencapai suhu yang telah Anda tentukan, maka thermistor ini akan mengirim signal ke PCB Modul untuk memutus arus listrik yang ke unit outdoor, kemudian termistor akan mengirim sinyal kembali untuk memerintahkan mesin kompresor hidup lagi setelah suhu ruangan mulai naik. Tentunya ini sangat bagus, karena dapat mencegah terjadinya panas berlebih (over heating) pada kompresor.

Termostat ini, apabila ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari akan membuat termostat tidak bekerja dengan semestinya karena suhu yang dideteksinya akan lebih tinggi karena terkena paparan sinar matahari sehingga kompresor akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan.

5. Sela-sela ventilasi tidak tertutup
Ventilasi ruangan yang terbuka akan mengakibatkan udara dingin dalam ruangan untuk bocor ke ruangan lainnya. Hal ini akan membuat udara dalam ruangan tidak akan dingin sempurna. Tidak hanya ventilasi pada pintu, Anda juga perlu mengecek apakah pintu dan jendela Anda dapat menutup dengan sempurna untuk mencegah adanya udara yang keluar dari ruangan. 

6. Tidak memiliki gorden
Teriknya sinar matahari adalah musuh terbesar AC Anda. Dan salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang-orang ketika menggunakan AC adalah tidak menggunakan gorden untuk menutup celah-celah yang memungkinkan sinar matahari untuk masuk ke dalam ruangan. 

Itulah 6 kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang-orang ketika menggunakan AC, yang ternyata dapat memberikan dampak buruk pada kelangsungan komponen dan kinerja unit AC Anda. Apabila Anda terus melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, jangan heran jika suatu saat Anda akan menemukan kerusakan pada unit AC Anda. 

Kalau sudah begitu, Anda harus segera bergegas menghubungi jasa service AC berkualitas di daerah Anda. Misalnya jika Anda berdomisili di Makassar, Anda dapat mencari beberapa jasa service AC Makassar terbaik yang dapat menyelesaikan permasalahan AC Anda.
Inilah 6 Kesalahan Terbesar yang Anda Lakukan pada AC Anda Inilah 6 Kesalahan Terbesar yang Anda Lakukan pada AC Anda Reviewed by Erna Queen on Juli 31, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar